Perempuan Thailand Paling Sukses Berkarir


Di Thailand, perempuan dan laki-laki mendapat kesempatan yang sama untuk berkarya

Bangkok Fashion Week (AP Photo)

VIVAnews - Perempuan di Thailand mendapat kesempatan lebih besar dalam meniti karir di perusahaan-perusahaan swasta. Dibanding rekan-rekan mereka di negara-negara lain, kaum Hawa yang menempati posisi senior pada sektor korporat swasta di Negeri Gajah Putih itu berjumlah paling banyak.

Itu merupakan hasil survei yang diumumkan lembaga riset Grant Thornton International Business Report pada 8 Maret 2011, atau bertepatan dengan Hari Perempuan se-Dunia.

Menurut hasil survei, yang dimuat harian The Bangkok Post, persentase terbanyak jumlah perempuan yang menempati posisi senior di sektor korporat swasta ada di Thailand (45%), diikuti oleh Georgia (40%) dan Rusia (36%). Hong Kong dan Filipina memiliki persentase yang sama, yaitu 35%.

Sebaliknya, negara-negara yang memiliki persentase terendah atas jumlah perempuan yang berkarir di posisi atas sektor korporat swasta adalah India, Uni Emirat Arab, dan Jepang, yaitu di bawah 10%. Bahkan tujuh negara maju - termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis - rata-rata hanya memiliki persentase sekitar 16 persen.

Achara Boonyahansa dari Grant Thornton mengungkapkan mengapa banyak perempuan Thailand sukses menempuh posisi atas di sektor swasta. "Mungkin banyak perempuan karir di Thailand yang masih lajang atau menikah pada usia yang sangat matang sehingga mampu naik ke jenjang yang tinggi," kata Achara, yang dikutip harian The Nation.

"Namun, bagi yang sudah menikah, mereka punya kemampuan untuk menyeimbangkan kerja dengan masalah pribadi, disertai dukungan dari kerabat untuk menjaga anak-anak mereka," kata Achara.

Faktor budaya juga mendukung. Di Thailand, perempuan dan laki-laki mendapat kesempatan yang sama untuk berkarya. (adi)

0 Response to "Perempuan Thailand Paling Sukses Berkarir"

Post a Comment