Sepeda dari Nilon Sekuat Baja



Sepeda dari Nilon Sekuat Baja
EADS
 
Sebuah sepeda berhasil dibuat dari nilon. Dikatakan oleh pembuatnya, sepeda bernama Airbike ini sekuat baja.

Insinyur di Inggris mengembangkan sebuah proses manufaktur menggunakan material bubuk dan menggunakannya untuk menciptakan sebuah sepeda warna putih gading yang terbuat dari nilon. Mereka mengatakan sepeda ini sekuat baja. Desainer berharap dari pengembangan ini akan memberikan sebuah revolusi untuk manufaktur yang ada.

Proses pengembangan itu dinamakan dengan Additive Layer Manufacturing (ALM) yang bekerja seperti printer tiga dimensi. Dipandu oleh program desain dengan bantuan komputer, laser berfusi dengan beberapa lapisan bubuk halus, nilon logam, atau plastik. Laser mencairkan bubuk yang membeku sesuai dengan pola yang dipilih. Kemudian bubuk ditambahkan, lalu mencair, mengeras dan menambah lapisan sampai objek sepenuhnya terbentuk.

Menurut European Aeronautic Defence and Space Company (EADS), laser yang digunakan dapat berubah bentuk sesuai dengan keinginan desainer. Proses yang sedang diuji coba ini dapat menjadikan objek lebih ringan 65 persen daripada bahan yang tradisional. EADS memanfaatkan proses ini untuk membuat pesawat yang lebih ringan.

EADS ingin mendemonstrasikan penemuan ini dengan menciptakan sepeda. Sepeda yang ringan namun kuat, kriteria inilah yang diinginkan untuk pesawat  atau satelit. Sepeda yang telah diciptakan ini memiliki enam bagian yang dicetak secara terpisah. Mungkin ke depan, dengan adanya penemuan seperti ini, proses ini dapat mencetak roket yang bisa membawa penumpang, serta mencetak stasiun luar angkasa. (Arief Sujatmoko, Sumber: Popsci)

0 Response to "Sepeda dari Nilon Sekuat Baja"

Post a Comment