Mengintip Kegiatan di Rumah Robot

World Robotic Explorer seperti menyediakan laboratorium berbagai ilmu kepada anak-anak.
Sabtu, 11 Desember 2010, 15:18 WIB
Arry Anggadha, Bayu Galih
Suasana rumah robot  
VIVAnews - World Robotic Explorer merupakan sebuah wahana hiburan pendidikan (edutainment) yang juga sebuah rumah robot pertama di Indonesia. Berlokasi di Mal Thamrin City, Jakarta, World Robotic Explorer akan menjadi tempat bagi anak-anak untuk diperkenalkan bidang ilmu robotik secara langsung.

Seperti apa konsep edukasi yang ditawarkan World Robotic Explorer? Jully Tjindrawan, pendiri World Robotic Explorer menjelaskan Rumah Robot ini memberi pelajaran tentang ilmu robotik kepada anak selama empat jam.

"Karena itu dalam sehari, ada dua sesi yang dibuka," kata Jully. Sesi pertama adalah dari jam 09.00-13.00 WIB, sedangkan sesi kedua dari jam 13.00-17.00 WIB.

Selama empat jam, rumah robot yang dibuka untuk anak berusia tiga tahun ke atas ini akan memberikan pengenalan dasar ilmu robotik. Anak-anak akan disuguhkan berbagai macam ilmu seperti elektronika, mekanika, desain, dan komputer.
World Robotic Explorer seperti menyediakan laboratorium berbagai ilmu itu kepada anak-anak, dengan instruktur yang memberikan bimbingan. Anak-anak akan diajari ilmu dari elektronika dasar, hingga pemrograman di komputer.

Saat VIVAnews.com mengunjungi World Robotic Explorer, Sabtu 11 Desember 2010, terlihat sejumlah anak yang sedang asyik belajar menyesuaikan gerakan robot dengan sebuah program yang ada di komputer. Terlihat juga anak-anak yang merakit perangkat elektronika dengan alat solder.

Karena itu, biaya untuk bisa masuk ke rumah robot pun terbilang mahal. Dalam satu sesi selama empat jam itu, per anak dikenai biaya Rp150 ribu.

Namun, Jully memahami ilmu robotik bukanlah ilmu yang bisa diajarkan dalam sebuah tempat one-stop edutainment. "Harus berulang-ulang datang (untuk paham robotik). Karena itu kami membuka membership," ujar Jully.

Saat ini, World Robotic Explorer membuka membership untuk keanggotaan selama tiga bulan, enam bulan, dan satu tahun. Sistem pembayaran pun bisa dilakukan secara mencicil, karena sejumlah bank telah bekerja sama untuk kredit membership.

Secara resmi, World Robotic Explorer baru dibuka hari ini oleh Menteri Riset dan Teknologi, Suharna Surapranata. Tapi, rumah robot ini baru akan beroperasi mulai Senin, 13 Desember 2010. (art)
• VIVAnews

0 Response to "Mengintip Kegiatan di Rumah Robot"

Post a Comment