Three Gorges Dam, Bendungan Terbesar Di Dunia


bendungan terbesar cinaDalam beberapa artikel disebutkan Three Gorges Project namun dalam sumber lain ditulis sebagai Three Gorges Dam, itulah yang akan kutulis kali ini. Sudah lupa aku, kapan terakhir aku menulis fakta unik tentang Cina. Rasanya sudah cukup lama setelah tulisanku tentang pria Cina yang berusia sangat panjang, dan cara pengobatan tradisional Cina yang sangat aneh, tidak ada lagi sesudah itu. Jadi rindu ingin lagi menulis fakta unik tentang Cina.

bendungan terbesar didunia
Jika dilihat kembali dari sisi sejarah maka pada tanggal 3 April 1992, Kongres Nasional Rakyat China menyetujui pembangunan terbesar dan paling kontroversial yaitu Three Gorges Dam. Three Gorges Dam terletak 27 mil ke hulu dari Kota Yichang , yaitu di Sandouping Town, 38km hulu dari Dam Gezhouba Lock, yang termasuk dalam ketiga dari Three Gorges Dam. Pembangunan ini direncanakan sebagai proyek pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia. Proyek ini dirancang akan dibangun dalam tiga tahap dan dijadwalkan selesai pada tahun 2009.
Three Gorges Dam
Setelah tiba di Sandouping, penumpang akan naik bus di Jembatan Three Gorges, yang mengarah ke arah bagian atas bukit Three Gorges Project untuk dapat melihat langsung konstruksi dari dek observasi. Pengunjung akan mengamati five-step ship lock, saluran pengalihan, konstruksi dalam bendungan, dan pembangkit listrik. Tour guide  profesional berbahasa Inggris akan memberikan informasi rinci tentang sejarah bendungan dan fakta pembangunannya. Selain itu, ruang pameran menampilkan model bendungan, dan menawarkan kesempatan kepada anda untuk bertanya dan belajar tentang manfaat dari proyek menakjubkan ini.
bendungan terbesar di cina
Inilah salah satu proyek konstruksi terbesar yang pernah dilakukan di dunia, Three Gorges Project yang selamanya akan mengubah wajah Sungai Yangtze seperti yang kita kenal sekarang. Memiliki manfaat penggunaan komprehensif terutama untuk pengendalian banjir, pembangkit listrik dan perbaikan navigasi. Ini akan menjadi proyek penting dan backbone vital dalam memanfaatkan dan mengembangkan Sungai Yangtze. Langkah-langkah telah diambil untuk menjaga dan memindahkan peninggalan sejarah dan budaya yang ditemukan di sepanjang tepi sungai.
waduk terbesar
Di lokasi situs bendungan Sandouping, lembah sungai relatif terbuka dan luas, dengan pulau kecil di sungai yang dikenal sebagai Zhoubaodao, yang sangat menguntungkan bagi skema pengalihan sungai dengan konstruksi bertahap. Mengenai komunikasi, ada kereta api menuju ke Yichang dan saluran air ke lokasi bendungan. Sebuah jalan tol 26 km juga telah dibangun dari Yichang ke situs bendungan.
taman yang indah di cina
How to get there
Ada dua pilihan bagi anda jika sedang berlibur kesana untuk mencapai lokasi.
  1. Kapal. Sebagian besar kapal berlayar antara Chongqing dan Yichang, Shashi atau Shanghai akan berhenti di sini untuk wisata pantai selama satu jam. Kapal-kapal mewah senantiasa dapat anda saksikan disini.
  2. Bus. Ada cara mengekspresikan petualangan menuju situs bendungan melalui Yichang. Wisatawan dapat naik bus dari Yichang menuju ke Situs Dam. Perjalanannya sangat menyenangkan.
The World Records of the Three Gorges Project
Terhitung ada 8 rekor dunia yang dimiliki oleh bendungan ini;
  1. The world’s largest water conservancy project dengan kemampuan pengendalian banjir terbesar. Kapasitas penyimpanan total waduk adalah 39,3 miliar m3, dimana yang 22,15 m3 adalah untuk tujuan pengendalian banjir.
  2. The world’s largest hydropower station. Total kapasitas daya listrik dari Three Gorges Hydropower Station adalah 18.200 MW dengan output listrik tahunan 84.680.000.000 KW/h.
  3. The world’s largest water conservancy project with the world’s largest project building scale. Total panjang sumbu bendungan adalah 2.309,37 meter. Bagian spillway, yang terletak di tengah sungai saja, adalah 483 meter panjangnya. Ada 26 set unit generator turbin secara total, 700 MW untuk tiap shiplock.
  4. The world’s largest water conservancy project with the biggest project workload. Penggalian batu alam struktur utama dari proyek ini adalah 134 juta m3 dan penempatan beton 27.940.000 m3. Instalasi ini diperkuat struktur bar dan logam metal yaitu masing-masing adalah 463.000 ton dan 256.500 ton.
  5. The world’s largest water conservancy project with the biggest construction difficulty. Bagian tersulitnya adalah penempatan beton dari TGP pada tahun 2000 adalah 5.481.700 m3 yang menciptakan rekor dunia baru. Ini adalah air terbesar di dunia proyek pemeliharaan yang pernah dibangun dengan konstruksi kesulitan terbesar.
  6. The world’s largest water conservancy project with the strongest flood-discharge capability in the world. Kapasitas debit banjir maksimum dari spillway adalah 102,5 ribu m3 /s, yang menempati peringkat satu terbaik di dunia.
  7. The world’s largest water conservancy project with the biggest and the most complicated shiplift in the world. Sebuah Shiplift yang dirancang berupa panggung yang dapat terangkat vertikal dengan jarak maksimum 113 m. ship container ini ukurannya 120 * 18 * 3,5 m, mampu membawa 3.000 ton kapal kargo atau penumpang setiap saat. Ini adalah shiplift terbesar dan paling rumit di dunia.
  8. The world’s largest water conservancy project with the world’s largest and the most arduous resettlement. Jumlah migran yang akan dipindahkan dari daerah waduk dari TGP mencapai 1,13 juta jiwa dan ini adalah proyek relokasi pemukiman yang paling berat di dunia.

http://q-bonk.com/three-gorges-dam-bendungan-terbesar-di-dunia/

0 Response to "Three Gorges Dam, Bendungan Terbesar Di Dunia"

Post a Comment