Apa Saja Kiprah Alkohol?

KOMPAS.com/WISNUBRATA
Minuman beralkohol
Kompas.com - Minum minuman beralkohol secukupnya, dua takar per hari untuk pria, ada manfaatnya, termasuk menurunkan risiko menderita penyakit jantung. Akan tetapi dalam jumlah lebih besar, alkohol menjadi racun yang mempengaruhi setiap sel dalam tubuh.

"Alkohol adalah sebuah molekul sangat kecil yang dapat terangkut dalam aliran darah, dan tidak seperti obat-obat lain, ukurannya begitu kecil sehingga dapat masuk ke dalam setiap sel. Karena itu kemampuannya untuk mendatangkan bahaya dan kerusakan tak pernah berakhir," kata Sheila Blume, M.D, direktur medis program penanggulangan alkoholime, New York, Amerika Serikat.

Para peneliti tahu bahwa penyalahgunaan alkohol dapat menyebabkan kerusakan sangat parah pada berbagai organ, tetapi minum alkohol secara berlebihan tidak memberikan dampak yang sama pada setiap orang.

Penyalahgunaan alkohol dapat membuat orang mengalami black-out, kejang-kejang, halusinasi, dan kerusakan otak. Hampir 70 persen orang yang ikut dalam program pengobatan kecanduan alkohol mempunyai masalah daya ingat, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan berpikir jernih.

Minum berlebihan juga akan menyebabkan kebingungan, melambatnya kemampuan bereaksi, kaburnya penglihatan, hilangnya konsentrasi, dan koordinasi otot. Alkohol juga sewaktu-waktu dapat mengganggu kehidupan seksual Anda.

Konsumsi alkohol berlebihan akan menghasilkan radikal-radikal bebas, yakni molekul oksigen tidak stabil yang dapat merusak jantung dan liver serta mempercepat proses penuaan pada seluruh tubuh, kata Eric Rimm, ahli epidemiologi gizi di Harvard University School of Public Health di Boston.

Tetapi, meski Anda sudah terbiasa minum berlebihan selama bertahun-tahun, masih ada harapan untuk hidup lama dan lebih sehat bila menghentikan kebiasaan itu. Dalam sebuah studi selama 11 tahun terhadap 234 pecandu alkohol, diketahui orang yang berhenti minum dan tidak pernah mabuk lagi mempunya angka kematian yang kurang lebih sama dengan bukan pecandu.

1 Response to "Apa Saja Kiprah Alkohol?"