Lebih Ramping berkat Kelapa


Daging buah kelapa bisa memberikan tambahan energi, sedangkan minyaknya mampu menjaga kesehatan jantung.

Buah kelapa mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti potasium, sodium, kalsium, magnesium, zat besi, dan fosfor. Studi yang dimuat pada American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, asam lemak rantai sedang (medium chain fatty acid) pada kelapa terbukti meningkatkan metabolisme tubuh hingga tiga kali lipat.Airnya diyakini dapat berfungsi sebagai minuman elektrolit. "Ini karena kandungan sodium dan potasiumnya dapat mengganti cairan tubuh yang hilang saat kita berolahraga," ujar Nancy Clark, ahli diet dan nutrisi serta penulis buku Nancy Clark's Sports Nutrition Guidebook. Amy Jamieson-Petonic, Direktur Wellness Coaching di Cleveland Clinic, menambahkan, air kelapa juga dapat meringankan gejala infeksi saluran kemih, mengontrol kadar gula darah, serta membunuh virus dan bakteri dalam tubuh.
Dagingnya mengandung asam laurat, yaitu senyawa antimikroba dan antibakteri yang dapat mengatasi mual, asma, sakit gigi, infeksi bernanah, dan infeksi usus. Tingginya kandungan protein pada kelapa juga mampu menyumbang energi bagi kita yang sedang ingin menurunkan berat badan. Ini dijelaskan oleh Andrea Cespedes, ahli nutrisi dan personal trainer dari American Council on Exercise. Selain dimakan langsung, daging kelapa juga cocok dinikmati sebagai pelengkap dalam hidangan salad.
Minyaknya kini banyak digunakan sebagai salah satu terapi menyembuhkan pasien diabetes dan kanker. Kandungan asam laurat, caprylic, dan capric pada minyak kelapa diyakini dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. "Meski tidak sebaik minyak zaitun, minyak kelapa tetap berperan dalam menjaga kesehatan jantung," ujar Walter Willett, Ketua Departemen Nutrisi di Harvard School of Public Health

Sumber. Kompas

0 Response to "Lebih Ramping berkat Kelapa"

Post a Comment