Foto Korban Tewas Kampanye Presiden Nigeria


Aksi desak-desakan dalam kampanye Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan di wilayah Delta Niger menewaskan sedikitnya 11 orang, dan melukai 29 lainnya.
Menurut saksi mata, insiden terjadi di kota minyak Port Harcourt, setelah Jonanthan berpidato di depan massa.

"Seorang petugas polisi melepas tembakan ke udara pada saat massa berdesak-desak keluar dari stadion berkapasitas 20.000 tempat duduk itu," kata saksi mata.
Tembakan yang ditujukan untuk mengendalikan massa tersebut justru membuat massa panik. Massa berebut keluar lewat lorong sempit karena gerbang terkunci.
Sejumlah orang terinjak-injak dalam kepanikan itu. "Kecelakaan disebabkan oleh kepanikan massa yang berdesak-desakan. Sementara, 11 orang tewas dan sekitar 29 orang cedera," kata polisi.
Jonathan, presiden pertama dari kawasan Delta Niger di selatan negara itu, langsung mengungkapkan kesedihannya atas tragedi tersebut.
"Saya bersedih dan sangat terbebani oleh kejadian ini. Sungguh menyedihkan, tragis dan sangat disesalkan," kata Presiden Jonathan, Minggu (13/2/2011).
Presiden memerintahkan penyelidikan penyebab kepanikan, yang menyebabkan hilangnya nyawa beberapa orang.
Chris Amadi, anggota Partai Rakyat Demokratik (PDP) yang berkuasa dari Negara bagian Rivers mengatakan, melihat lebih dari 10 orang diinjak-injak oleh kerumunan massa.
"Saya melihat banyak orang berlari melewati kerumunan massa. Bahkan, saya melihat mayat tiga wanita dibawa ke dalam van pick-up terbuka oleh para petugas...," katanya.
Jonathan memulai kampanyenya pada Senin (14/2/2011), menjelang pemilu 9 April, dan berangkat tur lintas-negara.
Keamanan telah diperketat, dan Nigeria dilanda gelombang kekerasan dalam beberapa pekan terakhir. Kekerasan, termasuk serangan-serangan bom di pusat kota Jos dan ibu kota Abuja.
Kampanye Sabtu merupakan perjalanan pulang kampung bagi Jonathan, yang berasal dari negara bagian tetangga, Bayelsa.
Dia adalah tokoh favorit dalam pemilu ini, setelah PDP memenangkan setiap pemilihan presiden sejak Nigeria kembali ke pemerintahan sipil pada tahun 1999.
Namun, ia menghadapi tekanan untuk mengadakan pemilihan yang kredibel, setelah serangkaian kekerasan dan cacat buruk pemilu di negara Afrika yang paling padat penduduknya itu.
sumber

0 Response to "Foto Korban Tewas Kampanye Presiden Nigeria"

Post a Comment