Agar Tubuh Atas Perempuan Lebih Kuat


Jika tak mampu mengangkat tubuh, minta bantuan teman untuk melakukan latihan ini.

Kebanyakan tubuh bagian atas perempuan lebih lemah daripada pria. Karena itu, cobalah melatih kekuatan tubuh bagian atas ini agar lebih kuat. Kekuatan fisik ini penting dimiliki perempuan. Tak hanya agar tubuh lebih bugar, tetapi juga agar mampu membela diri terutama saat dalam keadaan terjepit atau menjadi incaran pelaku kejahatan di area publik. Fisik kuat ditambah keterampilan bela diri praktis, membuat perempuan lebih percaya diri dan mampu melindungi dirinya dari berbagai kemungkinan serangan kejahatan fisik, bahkan seksual.

Untuk menguatkan tubuh bagian atas, Kim Jones, spesialis kekuatan fisik, mengajarkan sejumlah teknik. "Yang bisa dilakukan perempuan untuk menguatkan fisik, terutama tubuh bagian atas, adalah dengan menargetkan latihan pada otot belakang, bisep, bahu, dan perut," jelasnya. Jones menyarankan untuk memulai latihan bertahap dari level paling mudah hingga paling sulit. Jika fisik sudah semakin kuat, tantang diri sendiri untuk melakukan latihan fisik dengan level lebih tinggi.

Push-up
Lakukan push-up dengan bantuan tiang horisontal setinggi pangkal paha. Ambil posisi dengan kedua tangan memegang tiang, posisi tangan di atas bahu. Posisi kaki lurus dan dibuka selebar pinggul. Lakukan gerakan push-up dengan tetap menjaga tubuh lurus. Pastikan dada menyentuh tiang saat melakukan gerakan push-up. Gerakan ini menguatkan otot perut, juga otot bagian tengah belakang tubuh. Lakukan lima set dengan 4-10 repetisi setiap set.

Angkat tubuh
Anda memerlukan tiang horisontal tinggi untuk gerakan mengangkat tubuh ini. Siapkan kursi untuk membantu Anda meraih tiang, lalu angkat tubuh Anda. Pastikan dagu Anda melewati atau lebih tinggi dari tiang. Tahan posisi ini selama 15-30 detik setiap set, dan ulangi hingga lima kali repetisi. Gerakan ini menguatkan otot belakang, lengan, dan perut. Atur nafas pada setiap set agar oksigen mengalir ke seluruh otot.

Jika Anda merasa tak mampu menopang tubuh untuk melakukan gerakan ini, Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk membantu Anda mengangkat tubuh. Caranya, tekuk kaki Anda atau silangkan kaki di bagian mata kaki, agar orang lain bisa merangkul bagian bawah tubuh untuk membantu mengangkat tubuh Anda hingga dagu berada di atas tiang. Lakukan gerakan mengangkat tubuh dengan bantuan orang lain ini sebanyak empat set, dengan 5-10 kali repetisi per set.

Lompat tubuhMasih menggunakan tiang tinggi, lompatlah untuk meraih tiang hingga posisi dagu di atas tiang. Perlahan, turunkan tubuh dengan hitungan 4-6 detik. Pastikan Anda menurunkan tubuh perlahan, karena jika terburu-buru turun gerakan ini takkan membuahkan hasil. Lakukan gerakan ini empat set, dengan 4-6 kali repetisi setiap set.


Sumber: Betty Confidential

0 Response to "Agar Tubuh Atas Perempuan Lebih Kuat"

Post a Comment