Briptu Norman Pun Kena Razia

Briptu Norman Pun Kena Razia
Kompas
Rekaman video Briptu Norman yang beredar di youtube diedarkan oleh para pedagang kaki lima di kawasan Jakarta Barat, Senin (11/4/2011), dalam bentuk cakram VCD. Di sampul, gambar Briptu Norman disandingkan dengan sejumlah penyanyi India.


Video klip lipsing 'Chaiya chaiya' ala Briptu Norman seperti yang tersaji di laman YouTube rupanya menjadi lahan usaha menjanjikan. Di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Manado kini banyak ditemui penjulan keping compact disc yang berisi rekaman polisi berjuluk Shah Rukh Khan dari Gorontalo tersebut.

Pedagang VCD dan DVD bajakan yang tidak ingin disebutkan namanya menyebutkan, bahwa, pasaran menjual VCD bajakan Briptu Norman terbilang menjanjikan.

"Sudah banyak yang beli. Sehari bisa habis puluhan keping. Selain lagu Briptu kami tambah lagu dari artis India dan artis pedangdut Indonesia lainnya," ujarnya, Senin (10/4/2011) kemarin.

Namun, tidak berselang lama, penjaja VCD dan DVD bajakan tersebut kelimpungan, bingung, untuk sesegera merapihkan dan menyembunyikan barang dagangannya, setelah mendengar dari beberapa teman kepercayaannya memberitahukan ada petugas razia datang menghampiri.

"Razia-razia. Ada razia," tutur seorang pria di tengah keramaian.

Kontan, sejumlah pedagang VCD dan DVD bajakan yang mangkal di sekitaran pusat perbelanjaan Golden Swalayan sesegera mungkin menghilangkan jejak agar tidak terdeteksi, terlacak dan digrebek dari Direktorat Sabhara Polisi Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut).

Dari amatan, razia oleh Direktorat Sabhara Polda Sulut VCD dan DVD bajakan terjadi dipukul 13.15 Wita. Personil kepolisian Polda Sulut yang turun sekitar 20-an orang dengan menenteng senjata laras panjang dan menuju lokasi mengenakan motor roda dua serta satu truk untuk menunaikan tanggung jawabnya, membersihkan tindak pidana bidang hak kekayaan intelektual di muka bumi Kota Tinituan Manado.

Berdasar pantauan, pihak berwajib, para personil dari Direktorat Sabhara Polda Sulut di kompleks perbelanjaan Golden Swalayan tersebut hanya berhasil menahan seorang pedagang VCD dan DVD bajakan.

Di tempat kejadian perkara, aparat mengintograsi seorang pelaku pedagang VCD dan DVD bajakan. Saat itu dilokasi kompleks perbelanjaan Golden Swalayan hanya satu pedagang yang berhasil diringkus Direktorat Sabhara Polda Sulut. Sepertinya, aksi razia tersebut bukanlah sesuai harapan.

"Lambat kerjanya. Kenapa tadi lambat," ujar pria dari Direktorat Sabhara Polda Sulut dengan nada keras, yang diduga jadi koordinator razia ketika berbincang dengan rekan anggota satuan polisinya di lokasi kejadian perkara.

Hanya butuh waktu sekitar 15 menit mewawancarai dan pendataan identitas diri pelaku, Direktorat Sabhara Polda Sulut langsung memboyong pedagang tersebut bersama barang-barang jualannya serta rak lapak warung jualan ke kantor Polda Sulut dengan menggunakan kendaraan roda empat jenis truk kepolisian. Sejumlah keping VCD dan DVD bajakan pun diangkut, termasuk keping yang berisi aksi Briptu Norman.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom   |  Sumber: Tribun Manado

0 Response to "Briptu Norman Pun Kena Razia"

Post a Comment