5 Kemampuan Universal yang Harus Dimiliki Karyawan



GloriaNet
- Perkembangan dan memasuki era globalisasi membuat karyawan haruslah menjadi karyawan potensial. Tentunya karyawan tersebut juga harus memiliki kemampuan universal. Karenanya penting bagi karyawan untuk mengembangkan kemampuan universal tersebut. Hal tersebut dinilai penting karena semakin banyak kemampuan yang dikuasai maka peluang untuk mengalahkan para pesaing yang memperebutkan suatu lowongan pekerjaan dan keberhasilan dalam berkarir akan semakin besar.

Kemampuan merupakan kombinasi dari bakat tertentu, kualitas pribadi, dan atribut-atribut yang dibawa dalam suatu jabatan, serta tugas-tugas yang dipelajari oleh individu selama bekerja. Kebanyakan dari mereka yang menyadari akan kemampuannya dan dapat menjelaskannya kepada perusahaan yang dituju, mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan dan dapat menikmati karirnya.

Mau tahu kemampuan-kemampuan universal yang dibutuhkan? Berikut 5 kemampuan universal tersebut. Anda simak!

1. Kemampuan komunikasi
Meliputi kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, dan menulis dengan efektif, menegosiasikan kesulitan-kesulitan yang terjadi, dan meyakinkan orang tentang ide-ide Anda.

2. Kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis
Meliputi kemampuan berpikir secara analitis dan abstrak dengan mempertimbangkan berbagai perspektif, dan kemampuan mengidentifikasi beragam cara pemecahan yang potensial untuk masalah yang sama.

3. Kemampuan hubungan interpersonal
Meliputi kemampuan menjalin kerjasama dengan berbagai kelompok dan atau individu untuk mewujudkan suatu ide atau tujuan perusahaan; mengajar, menasehati, atau melatih orang lain.

4. Kemampuan organisasional
meliputi kemampuan untuk mencari tahu kebutuhan pasar, merencanakan atau mengatur presentasi, mendelegasikan tanggung jawab, merancang dan mengkoordinasi acara-acara, serta mengatur pelaksanaan proyek.

5. Kemampuan riset
Meliputi kemampuan database komputer, mengidentifikasi permasalahan, menganalisa, mengelompokan, dan menyimpan data, serta menangani tugas-tugas khusus.

Selain 5 kemampuan di atas, beberapa perusahaan juga melihat kualitas karyawan dari rasa percaya diri, keinginan untuk menerima tanggung jawab, inisiatif, kepemimpinan, fleksibilitas, kemampuan menangani konflik dan stress, pengetahuan umum, kecerdasan, tingkat energi atau kekuatan, dan imajinasi. Satu faktor penting yang lain adalah karakteristik pribadi si karyawan.

Bagaimana dengan Anda sendiri, sudahkah Anda memiliki 5 kemampuan universal tersebut? Bila ya, syukurlah. Bila belum mulailah sekarang juga memiliki. Anda sukses saya pun bahagia. Semoga! (GCM/SW)

0 Response to "5 Kemampuan Universal yang Harus Dimiliki Karyawan"

Post a Comment