5 Kiat Atasi Malas Ngantor



GloriaNet
- Kalau musim ‘males’ tiba, memang rasanya segan sekali pergi ke kantor. Adakah cara agar hari-hari kerja menjadi lebih ceria?

Memang berhubungan dengan setuatu yang sama selama waktu tertentu, bisa membuat rasa bosan datang. Di tempat kerja, mungkin Anda bosan menatap tumpukan kertas dan meja yang sama, juga rekan-rekan yang itu-itu saja.

Untuk mengurangi rasa bosan, jenuh dan jemu di kantor, para psikolog dan ahli manajemen menyarankan hal-hal di bawah ini:

1. Nikmati udara pagi.
Maksudnya, kalau Anda sedang menuju kantor, cobalah nikmati bau udara dan tataplah langit. Rileks, tarik napas dalam-dalam sambil pejamkan mata. Hal itu dapat membantu Anda membuang jenuh dan menikmati perjalanan ke kantor.

2. Ganti kebiasaan.
Misalnya, bila Anda biasa lewat Jl. Kemang, sekali-sekali lewat Jl. Pondok Indah. Atau kalau Anda biasa pergi kerja sendiri, coba telpon teman-teman untuk berangkat bersama-sama, makan siang di tempat lain, dll. Coba ganti kebiasaan agar lebih variatif.

3. Sesekali langgar aturan.
OK, Anda memang orang yang patuh pada peraturan. Tapi, telat sedikit tak apa-apa. Sesekali nelpon teman lama pada jam kerja, ngobrol di telpon barang 5 menit, bisa mengusir penat. Bila Anda bosan rapat di kantor, kenapa tak mengusulkan rapat di luar kantor?

4. Lebih banyak tertawa.
Tertawa bisa bikin awet muda, jadi kalau ada sesuatu yang mengesalkan, lihatlah dari segi humornya. Misalnya, kalau Anda terlambat datang ke kantor, pikirkan bahwa ketergesaan justru akan menambah panik, akibatnya, kerja takkan maksimal. Bawa buku humor akan sangat membantu.

5. Tanyai diri dengan pertanyaan penting.
Kalau Anda malas ke kantor, tanya pada diri, apa yang akan Anda kerjakan di rumah? Duduk, tidur atau melamun? Begitu juga bila Anda harus menyiapkan presentasi yang rumit dan mengesalkan. Cobalah berpikir panjang.

Tanya pada diri, apa yang akan terjadi 10 tahun kemudian? Mungkinkah presentasi ini akan membuat segalanya berubah? Bagaimana untuk 5 tahun mendatang, bagaimana pula untuk tahun depan, 6 bulan kemudian, sebulan lagi, dan 10 menit berikutnya?

Dengan begitu, diharapkan rasa malas Anda ke kantor akan lebih banyak berkurang! (GCM/AC)

0 Response to "5 Kiat Atasi Malas Ngantor"

Post a Comment