Tampang Jelek, Mesinnya Cing!
NEMBO MOTOCICLETTE
Modelnya sih jelek, tapi tenaga dhasyat dan rancangan mesinnya unikITALIA, KOMPAS.com - Modifikasi sepedamotor menggunakan mesin mobil bukan sesuatu yang aneh atau karya fenomenal. Tapi, yang dilakukan Nembo Motociclette, agak sedikit unik. Meski rumah modifikasi dari Italia itu juga memakai jantung pacu mobil yang terbalik dengan kepala silinder menghadap ke jalan untuk proyek yang mereka namakan Super 32 Rovescio."Saya ingin membangun sepeda motor yang bertenaga dahsyat, terlihat sangar tapi masih enak dipandang dan memiliki kecantikan klasik dan abadi," komentar Daniele "Titus" Sabatini, pemilik Nembo Motociclette yang sekaligus pemimpin proyek Super 32 Rovescio. Makanya, lanjutnya, kami tidak memproduksi banyak sepeda motor telanjang, baik untuk jalan raya maupun keperluan lomba.
Dalam membangun Super 32 ini, Daniele melibatkan timnya, yakni Giovanni mariani sebagai kepala teknik, Fabio Falcano (Chief Designer), Alessandro Sobacchi (Design Engineer) dan Marco Fasani (Engine Designer).
Menurut Danile, moge ini dibangun dengan logam berkualitas tinggi dan komponen dari carbonfibre, sangat ringan dan berstandar Euro3. Tak cuma itu, yang cukup aneh, meski sosok mesin besar dan tampak padat, tapi kepala dan silinder mesin menghadap ke jalan sehingga benar-benar terkena angin.
Mesin yang teronggok di atas sasis mengaplikasi crankcase yang super-kompak dengan posisi terbalik. Kubikasinya antara 1.850-2.100 cc, SOHC tiga silinder, dua katup per silinder dan dilengkapi sistem pendinginan udara. Uniknya, posisi intake manifold berada di depan mesin dan exhaust manifold di belakang mesin. Mesin diklaim menghasilkan tenaga antara 160 sampai 250 HP dengan torsi antara 16,5 dan 24,5 kgm tanpa menggunakan kompresor.
Untuk kerangka, Super 32 Rovescio mengandalkan pipa baja untuk bagian depan. Sedang lengan ayun terbuat dari serat karbon, sehingga bobotnya pun antara 144 sampai 155 kg.
Prototipe dari Super 32 Rovescio ini akan menjalani pengujian pada Februari 2011, setelah Sabatini mulai memproduksi dalam jumlah kecil. Tapi, tidak dibekali mesin 1.850 cc, melainkan dengan mesin terbalik 1.925 cc.
Editor: Bastian Nembo motociclette, autoevolution, autoblog
0 Response to "Tampang Jelek, Mesinnya Cing!"
Post a Comment